Home Ilmu Komunikasi Mengenal Konsep Komunikasi Verbal

Mengenal Konsep Komunikasi Verbal

by Cak Rud
Mengenal Konsep Komunikasi Verbal

Mengenal Konsep Komunikasi Verbal. Masyarakat merupakan suatu kelompok besar yang hidup dalam suatu lingkungan. Dalam kehidupannya, masyarakat harus saling membutuhkan guna memenuhi kebutuhan kehidupan mereka. Dalam proses tersebut individu-individu ataupun kelompok-kelompok harus melakukan interaksi.

Manusia saling berinteraksi memerlukan suatu kontak dan akan dilanjutkan komunikasi untuk mencapai interaksi sempurna. opik komunikasi tersebut, komunikasi dapat digolongkan dua bagian dalam penyampaiannya. Dalam melakukan komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan garis besar yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

Dalam tulisan ini hal yang dibahas adalah komunikasi verbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang menggunakan kata-kata, entah lisan maupun tertulis. Melalui komunikasi verbal ini manusia menggunakannya guna mengungkapkan perasaan, emosi, pemikiran, gagasan, atau maksud merek, menyampaikan fakta, data, serta informasi dan menjelaskannya. Dalam komunikasi verbal itu bahasa memegang peranan penting.

1. Definisi Komunikasi Verbal

Potter & Perry (1987) menyatakan bahwa komunikasi verbal termasuk penggunaan kata-kata atau tulisan. Bahasa yang digunakan seseorang biasanya mengisyaratkan arti khusus yang kadang hanya dimengerti oleh komunitas tempat individu berada. Sehingga dengan bahasa yang diucapkan atau dituliskan, kita dapat menebak seseorang berasal dari komunitas mana.

Baca juga: 5 Prinsip Mengelola Media Sosial

Contohnya adalah komunikasi verbal melalui lisan dapat dilakukan dengan menggunakan media, contoh seseorang yang bercakap-cakap melalui telepon. Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dilakukan dengan secara tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Proses penyampaian informasi dilakukan dengan menggunakan berupa media surat, lukisan, gambar, grafik dan lain-lain.

2. Unsur Komunikasi Verbal

 Ada beberapa unsur penting dalam komunikasi verbal, yaitu: Pertama, Bahasa Pada dasarnya bahasa adalah suatu system lambang yang memungkinkan orang berbagi makna. Dalam komunikasi verbal, lambang bahasa yang dipergunakan adalah bahasa verbal entah lisan, tertulis pada kertas, ataupun elektronik. Bahasa memiliki banyak fungsi, namun sekurang-kurangnya ada tiga fungsi yang erat hubungannya dalam menciptakan komunikasi yang efektif. Ketiga fungsi itu adalah: Untuk mempelajari tentang dunia sekeliling kita, Untuk membina hubungan yang baik di antara sesama manusia. Untuk menciptaakan ikatan-ikatan dalam kehidupan manusia.

Mengenal Konsep Komunikasi Verbal

Mengenal Konsep Komunikasi Verbal

Menurut para ahli, ada tiga teori yang membicarakan sehingga orang bisa memiliki kemampuan berbahasa. Teori pertama disebut Operant Conditioning yang dikembangkan oleh seorang ahli psikologi behavioristik yang bernama B. F. Skinner (1957). Teori ini menekankan unsur rangsangan (stimulus) dan tanggapan (response) atau lebih dikenal dengan istilah S-R. teori ini menyatakan bahwa jika satu organism dirangsang oleh stimuli dari luar, orang cenderung akan member reaksi. Anak-anak mengetahui bahasa karena ia diajar oleh orang tuanya atau meniru apa yang diucapkan oleh orang lain.

Teori kedua ialah teori kognitif yang dikembangkan oleh Noam Chomsky. Menurutnya kemampuan berbahasa yang ada pada manusia adalah pembawaan biologis yang dibawa dari lahir. Teori ketiga disebut Mediating theory atau teori penengah. Dikembangkan oleh Charles Osgood. Teori ini menekankan bahwa manusia dalam mengembangkan kemampuannya berbahasa, tidak saja bereaksi terhadap rangsangan (stimuli) yang diterima dari luar, tetapi juga dipengaruhi oleh proses internal yang terjadi dalam dirinya.

Baca juga: Mengenal 5 Kelompok Generasi Konsumen

Kedua Kata. Kata merupakan inti lambang terkecil dalam bahasa. Kata adalah lambang yang melambangkan atau mewakili sesuatu hal, entah orang, barang, kejadian, atau keadaan. Jadi, kata itu bukan orang, barang, kejadian, atau keadaan sendiri. Makna kata tidak ada pada pikiran orang. Tidak ada hubungan langsung antara kata dan hal. Yang berhubungan langsung hanyalah kata dan pikiran orang.

3. Fungsi komunikasi verbal

Secara garis besar fungsi komunikasi Verbal ada dua fungsi terhadap masyarakat dan fungsi terhadap individu. Menurut Lasswell dan Wright ada empat fungsi sosial, yaitu pertama, Pengawasan lingkungan. Kedua, Korelasi antar bagian dalam masyarakat terhadap lingkungannya, Kedua Sosialisasi, dan Ketiga Hiburan. Kemudian menurut Lazarsfeld dan Merton fungsi sosial komunikasi Verbal adalah memberikan status dan memperkokoh norma-norma sosial.

Meskipun komunikasi melalui media massa itu fungsional, tetapi dapat berubah menjadi disfungsional. Sedangkan, fungsi terhadap individu ada tujuh, 1) Pengawasan atas pencarian informasi. 2) Mengembangkan konsep diri. 3) Fasilitas dalam hubungan sosial. 4) Substitusi dalam hubungan sosial. 5) Membantu melegakan emosi. 6) Pelarian dari ketegangan dan keterasingan. 7)Sebagai bagian dari kehidupan rutin atau ritualisasi.

Menurut Samovar (Ilya Sunarwinadi, Komunikasi Antar Budaya), bahwa dalam suatu peristiwa komunikasi, perilaku nonverbal digunakan secara bersama-sama dengan Bahasa verbal. Komunikasi verbal tersebut dipergunakan manusia guna mengungkapkan perasaan, emosi, pemikiran, gagasan, atau maksud merek, menyampaikan fakta, data, serta informasi dan menjelaskannya. Dalam komunikasi verbal itu bahasa memegang peranan penting. Bahasa yang digunakan seseorang biasanya mengisyaratkan arti khusus yang kadang hanya dimengerti oleh komunitas tempat individu berada.setiap individu memiliki bahasa yang berbeda-beda namun tetap memiliki arti atau tujuan yg sama dalam berkomunikasi.

Kemaknaan dari kata, kalimat, atau bahasa yang digunakan seseorang menjadi hal yang sangat relevan untuk dikaji dan dimengerti oleh orang yang sedang melakukan proses komunikasi verbal. Komunikasi secara verbal tersebut akan memberikan informasi yang cukup jelas maknanya karena disampaikan secara langsung oleh individu. Demikian pembahasan singkat tentang komunikasi verbal. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment

error: Content is protected !!